Thursday, December 27, 2007



Bulan Depan Mars Terancam Dihantam Asteroid

LOS ANGELES, JUMAT - Planet Mars terancam dihantam sebuah asteroid bulan depan. Sebuah asteroid yang tengah beredar dekat planet Mars itu berpeluang menghantam planet tersebut pada 30 Januari 2008.

Asteroid yang diberi nama WD5 itu sebesar asteroid yang diperkirakan menghantam wilayah Tunguska, pelosok Siberia tengah tahun 1908, yang menyebabkan ledakan setara 15 megaton bom nuklir dan menghanguskan 60 juta pohon di hutan. Melesat dengan kecepatan 12,8 kilometer perdetik, tumbukan tersebut dapat menghasilkan kawah raksasa seluat Kawah Meteor di Arizona.

Objek yang baru ditemukan akhir November 2007 lalu itu saat ini berada di antara Bumi dan Mars. Peluangnya menghantam Planet Mars 1 berbanding 75. Para ilmuwan yang melacak gerakan asteroid tersebut sebelumnya mengukur peluangnya hanya 1 berbanding 350 namun meningkat tajam dalam seminggu terakhir.

"Kami tahu ia sedang mengarah ke Mars dan kemungkinan besar hanya melintas, namun tetap ada peluang menabrak," ujar Steve Chesley, astronom dalam Program Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA.

Jika, asteroid tersebut menabrak Mars, lokasi tumbukan akan berada dekat ekuator. Lokasi tersebut dekat dengan area jelajah robot Opportunity yang masih aktif bergerak di permukaan Mars. Namun, efek ledakan tidak akan membahayakan wahana penjelajah tersebut karena di luar zona kerusakan.

"Tidak seperti tumbukan ke Bumi, kami tidak takut, namun kami kagum," ujar Chesley.

Peristiwa semacam itu pernah teramati saat pecahan Komet Shoemaker Levy-9 menghantam permukaan Planet Jupiter. Bahkan, ledakannya yang menyemburkan bola-bola api ke angkasa berhasil teramati. Tumbukan asteroid ke planet-planet lainnya juga pernah dilaporkan sebelumnya.

Apakah tumbukan di Mars kali ini akan teramati dengan baik? Tunggu saja!

(sumber :kompas, Jumat, 21 Desember 2007 - 13:47 wib)

No comments: