Monday, January 12, 2015

menu sehari-hari selama seminggu

Assalamu'alaikum....
Pagi ini lagi hujan di Depok,
Hari pertama beraktifitas, Senin
Kali ini saya ingin berbagi tips cara menentukan menu masakan sehari-hari ala saya.
Walau semua harga lagi heboh pada naik ya, tetap bersyukur saja dan dinikmati, insha Allah semoga kita semua tetap sehat walafiat

Okey langsung aja ya,
Misalnya ingin menentukan menu untuk seminggu, kalau versi saya sih ;
Tulis lauk apa saja yang disukai yang akan dimasak, misal ada ayam, telur, tahu atau tempe, daging sapi, tulang iga, ikan, udang dan lain lain.
Jadi kategorikanlah menu lauk tersebut satu persatu per hari, misalnya :
Senin : tulang iga
Selasa: telur
Rabu: tahu / tempe
Kamis: ayam
Jumat: seafood
Sabtu: nugget
Minggu: bebas, bebas disini bukan berarti ga makan loh hehehehehe misalnya lagi kepengen nasi uduk, atau nasi goreng, atau mungkin minggu untuk "one day no rice" misalnya masak aneka pasta seperti spaghetti, fuscilli, makaroni dan sebagainya, sesuai selera.

Nah dari menu tersebut kita bisa jabarkan lagi untuk mencari temen lauknya
Misalnya, untuk Senin, ada tulang iga, senin ini kita akan masak tulang iga sop, nah kalo sudah di sop berarti temennya bisa tempe mendoan, atau jamur crispy, atau yang lain sesuai selera, beserta sambel pelengkap.
Untuk senin depannya tulang iga nya misalnya di kare atau di soto. Jadi walau dengan bahan lauk yang sama tapi bisa kita kreasikan dimasaknya dirubahh-rubah.
Untuk Selasa, ada telur, jadi misalnya kita ingin masak sambel telur, sayurnya bisa sayur bening atau yang bersantan juga bisa. Maka untuk selasa depannya telurnya bisa kita ganti masaknya misal jadi pindang telur dan sebagainya.
Untuk Rabu ada tahu atau tempe, supaya tidak bosan, tahu dan tempe bisa kita variasikan, misalnya jadi bakso tempe, atau tofu, tofu roll dan sebaigainya, bisa browsing di mbah google.
Kamis, ada ayam. Misal ayam kita goreng, bisa ayam goreng penyet dan sayurnya sayur asem plus sambel pelengkap. Untuk kamis depannya bisa diganti dengan ayam gulai padang dan sayur bening daun singkong atau jenis sayur lainnya yang cocok.
Jum'at ada seafood. Kategori seafood sangat banyak dan beraneka ragam, kalau ingin satu jenis seafood saja juga tak masalah, atau mau sekaligus dua atau tiga jenis seafood.
Misalnya ada ikan, cumi, udang, kepiting dan lain lain, misal jumat ini kita masak cumi goreng tepung dan capcay sayuran, nah jumat depannya bisa ikan bakar mungkin dengan aneka lalapan.
Sedikit tambahan, menu untuk anak-anak kadang tidak suka pedas, bisa di buatkan khusus, misal kalau pas menu telur, apakah scramble egg, atau telur dadar. Atau pas menu seafood, kadang si anak tdk suka, bisa mengolah dari bahan seafood (udang) menjadi fritata panggang. Dari bahan tahu menjadi tofu egg roll dan sebagainya.
Begitulah seterusnya, semakin banyak ide semakin bervariasi masakan kita, dan tentunya makin disayang suami dan anak-anak....insha Allah...Aamiin :-)
Semoga bermanfaat :)

Chika Afandi

No comments: